Tips Memilih Deposito yang Aman dan Menguntungkan

Tips Memilih Deposito yang Aman

Sumber : https://www.pexels.com/id-id/foto/pemuda-menulis-pengingat-di-lemari-es-dan-minum-kopi-di-rumah-3867001/

Banyak lembaga keuangan, terutama bank yang memberikan program berbeda terkait bunga deposito yang diberikan.

Apalagi setiap perusahaan sepertinya berlomba mendapatkan pelanggan baru. Sehingga siapapun harus hati-hati dan melihatnya secara menyeluruh.

Banyak tawaran menggiurkan yang diberikan seperti bunga deposito online yang tinggi, masa tenor yang fleksibel, hingga menawarkan keuntungan yang berlipat-lipat. 

Namun, bagaimana cara menyikapinya? Adakah tips untuk memilih produk deposito terbaik?

Kredibilitas Lembaga Keuangan yang Menawarkan Deposito

Untuk melihat seberapa baik kredibilitas sebuah bank, tentunya bisa dilakukan dengan mengeceknya secara langsung bagaimana status dari bank tersebut menurut BI, badan audit, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), dan OJK.

Kredibilitas tersebut juga bisa dilihat dari rekam jejaknya beberapa waktu tahun sebelumnya, pelayanan yang diberikan, dan siapa saja penentu kebijakan di dalam perusahaan.

Informasi terkait hal ini tentunya bisa didapatkan dengan mudah. Apalagi sekarang ini tersedia jaringan internet yang menyimpan berbagai informasi dengan cepat.

Memiliki Fleksibilitas Masa Tenor yang Tinggi

Tips kedua, adalah dengan memilih bank yang memiliki tenor yang fleksibel.

Biasanya fleksibilitas ini ditunjukkan dari beragam pilihan masa tenor yang diberikan. Mulai dari 1 bulan, 3, 6, 12 bulan, dan seterusnya.

Banyaknya pilihan masa tenor ini pula yang membuat kamu bisa leluasa dalam menentukan target keuangan kamu. 

Apakah target keuangan kamu berada pada jangka masa yang pendek, menengah, ataukah masa yang panjang. 

Menawarkan Bunga Deposito yang Kompetitif dan Realistis

Setiap bank memiliki kebijakan masing-masing dalam menentukan bunga depositonya. Tentunya banyak orang akan memilih bunga deposito yang paling tinggi. 

Namun coba kamu lihat lagi, apakah bunga yang ditawarkan tersebut benar-benar realistis atau tidak.

Karena pemerintah sendiri telah membatasi bunga deposito. Sekarang ini standar yang diberikan adalah sebesar 5% saja. 

Hal ini memang membuat banyak investor dalam produk deposito merasa kecewa. Namun, keuntungan lain yang ditawarkan instrumen ini tetap menarik minat banyak investor.

Apalagi LPS sebagai penjamin tabungan deposito telah menetapkan bunga maksimal. 

Jika produk terjadi ada bunga deposito yang melebihi penetapan LPS, maka resikonya terlalu besar. Karena tidak akan dijamin keamanannya oleh LPS.

Oleh karena itu, jangan pernah memilih bank yang menawarkan bunga terlalu tinggi. Ada beberapa kemungkinan jika hal itu terjadi.

Pertama adalah bank tersebut ingin menarik banyak investor baru. Meski ada resiko tidak ada jaminan dari LPS, pihak bank percaya mampu memberikan keuntungan dari investasi yang dilakukan.

Kedua, lembaga keuangan tersebut harus dipertanyakan kredibilitasnya. Jika memang hal ini terjadi, maka pastinya kamu akan mendapatkan kerugian besar. 

Bisa saja modal pokok yang disetorkan oleh para investor dibawa lari.

Tidak hanya itu saja, LPS juga tidak bisa mengembalikan uang kamu. Karena bunga yang diberikan melebihi ketentuan yang ditetapkan oleh LPS tersebut.

Memiliki Layanan yang Mudah, Cepat, dan Inovatif

Tips terakhir adalah pilihlah bank yang memiliki pelayanan prima terhadap para pelanggannya. Layanan tersebut bisa dalam bentuk kemudahan dalam bertransaksi, pelayanan dalam penyelesaian berbagai masalah, hingga adanya inovasi teknologi yang diberikan.

Poin terakhir terkait penggunaan teknologi ini bisa dalam bentuk program deposito online, aplikasi bank secara online, dan lain sebagainya. Bentuk layanan yang semakin baik, menunjukkan komitmen dari bank untuk terus berkembang dalam mengikuti perkembangan zaman.

Rekomendasi terbaik dari bank yang memenuhi semua kriteria tersebut adalah digibank by DBS. Bank ini mempunyai komitmen besar untuk menjadi bank berbasis digital terbaik di Indonesia. 

Selain itu, khusus pada produk deposito ada 4 unique selling point (USP) yang dimiliki.

4 USP Produk Deposito dari digibank by DBS

Berikut keunggulan dari digibank by DBS ini, yaitu:

Memiliki Aplikasi digibank by DBS dengan akses 24/7 yang mampu mengelola aktivitas deposito kapanpun dan dimanapun kamu mau.

Memiliki bunga deposito online yang sangat kompetitif hingga 4,5% per tahun.

Modal pokok yang bisa disetor ringan, yaitu sebesar Rp 1 juta.

Fleksibilitas masa tenor yang tinggi. Yaitu mulai dari 1 bulan.

Tips memilih deposito ini akan menjawab semua kebutuhan kamu untuk mendapatkan bank mitra terbaik. 

Seperti halnya digibank by DBS yang menawarkan bunga deposito yang kompetitif dan realistis, sehingga kamu bisa berinvestasi dengan aman dan menguntungkan.

Baca Juga : Makin Irit Saat Transaksi Bulanan Pakai Layanan Gratis Transfer

Archive

Contact form

Send