Manfaat Dana Darurat Bagi Mahasiswa yang Hidup di Perantauan

Apakah saat ini Anda adalah mahasiswa? Jika memang iya tentunya Anda sudah pasti paham dan mengerti bagaimana hidup sebagai mahasiswa. 


Terlebih bila Anda adalah mahasiswa perantauan yang jauh dari orang tua. Dan ditambah lagi bila Anda mahasiswa yang hanya mengandalkan beasiswa dan kiriman orang tua. 


Oleh karena itu, sangat diperlukan yang namanya perencanaan keuangan dengan baik dan diperlukan juga dana darurat yang akan memberikan banyak sekali manfaat bagi diri Anda.


Manfaat Dana Darurat Bagi Mahasiswa yang Hidup di Perantauan


Dengan adanya dana yang bisa digunakan untuk kebutuhan darurat tersebut bisa Anda manfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan mendadak yang mungkin tidak pernah terfikir oleh Anda. 


Seperti contohnya adalah saat tiba-tiba ada penelitian dari kampus, atau ada gangguan kesehatan pada diri Anda dan selain itu juga bisa Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan yang lain yang berhubungan dengan perkuliahan Anda.

 

Yang namanya orang kuliah, bagi yang tidak tahu pasti akan merasa hidupnya sangat enak. Uang tinggal minta dan hidup bisa bebas. 


Akan tetapi apakah mereka juga tahu bahwa hidup sebagai mahasiswa juga sangat menuntut Anda untuk bisa mengatur keuangan dengan baik dan bagaimana caranya bisa memiliki dana darurat. Berikut ini adalah beberapa manfaat bila Anda memiliki uang darurat:

 

1.     Sangat membantu bila ada kebutuhan mendesak

Dengan memiliki uang darurat bisa Anda manfaatkan untuk kebutuhan mendesak. Seperti contohnya adalah bila Anda sakit, butuh uang untuk print tugas yang banyak, dan untuk berbagai macam kegiatan praktikum atau membeli buku untuk keperluan ujian.

 

2.     Tabungan bila orang tua atau beasiswa telat dikirim

Memiliki uang darurat bisa sangat membantu Anda untuk dijadikan sebagai tabungan yang akan sangat membantu Anda apabila suatu saat beasiswa yang Anda dapatkan telat cair atau bahkan bisa juga orangtua Anda telat mengirim uang saku Anda. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi mencari bantuan atau pinjam uang teman untuk memenuhi kebutuhan Anda.

 

Kunci menjadi mahasiswa yang sukses hidup di perantauan salah satunya adalah dengan hidup hemat dan bisa mengontrol diri. 


Menjadi mahasiswa memang sangat identik dengan kehidupan yang sangat bebas dan erat kaitannya dengan cafĂ© dan nongkrong dengan teman kampus. 


Padahal kegiatan semacam ini sebenarnya akan sangat membuat keuangan Anda sangat terganggu.

 

Jadi apabila saat ini Anda hidup sebagai mahasiswa, dan kebetulan Anda mendapatkan uang saku dari orang tua dan mendapatkan beasiswa, Anda bisa menyisihkan sebagian uang Anda untuk dijadikan sebagai dana darurat yang akan memberikan banyak sekali manfaat untuk Anda. 


Dengan memiliki uang darurat tersebut bisa Anda manfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan Anda. Jadi Anda tidak perlu takut dan khawatir bila suatu saat kiriman dari orang tua telat. Dan Anda hidup di perantauan sendiri tidak memiliki saudara atau teman dekat.

Archive

Contact Form

Send