7 Peluang Usaha Untuk Anak SD, Cocok Untuk Berlatih Jiwa Enterpreneur

7 Peluang Usaha Untuk Anak SD, Cocok Untuk Berlatih Jiwa Enterpreneur

Tuesday, 17 September 2019

Berlatih memiliki usaha sejak kecil tidak ada salahnya. Ada baiknya jika anak SD bisa memiliki jiwa usaha dari dini, agar nantinya memiliki jiwa wirausaha yang tangguh di masa dewasanya. Selain itu usaha ini bisa dijadikan usaha sampingan dan menambah uang saku anak-anak. Tentunya mereka senang bisa membeli barang-barang dari hasil usaha.

7 Peluang Usaha Untuk Anak SD, Cocok Untuk Berlatih Jiwa Enterpreneur

Jadi anda bisa mengajari anak anda untuk berlatih dan mengajarkan mereka tentang kewirausahaan. Selain itu di sekolah anak SD juga ada kegiatan baksos dan harus berjualan, jadi ide usaha di bawah ini bisa diterapkan. Dari keuntungan baksos akan disalurkan ke yang membutuhkan.

Latihan Usaha Anak SD


Berikut ini peluang usaha untuk anak SD, cocok untuk berlatih adalah :

1. Jual makanan ringan

Makanan ringan adalah makanan kesukaan anak-anak apalagi yang duduk di tingkat SD. Anak-anak bisa menjual cemilan makanan ringan yang banyak disukai anak-anak seusia mereka. Biasanya mereka menyukai makanan ringan dengan kemasan menarik dan ada hadiah di dalamnya. Makanan ringan yang dijual lebih baiknya beragam dari yang berasa asin hingga manis. Modal yang harus dikeluarkan juga sedikit akan tetapi peluang usaha ini cukup menjanjikan.

2. Jual minuman segar

Minuman segar sangat dibutuhkan anak-anak ketika haus apalagi jika cuaca sedang panas. Lagipula usaha ini sangat sesuai dengan prinsip ekonomi, dimana dengan modal sedikit dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Anak-anak bisa menjual minuman segar seperti es teh, es sirup, es jus, dan masih banyak lainnya. Minuman segar bisa ditaruh dalam kemasan plastik atau cup. Namun usaha ini memang bergantung pada cuaca, bila cuaca panas maka sangat laris begitu juga sebaliknya jika cuaca hujan deras mungkin agak sepi.

3. Jual mainan

Mainan sangat disukai anak-anak. Karena pada dasarnya mereka masih dalam masa bermain tanpa memikirkan rumitnya persoalan hidup. Sebagai anak SD bisa membuka usaha dengan menjual mainan. Kalian bisa menjual mainan yang sedang populer saat ini, contohnya squishi. Tesktur yang lembut, empuk dan beraroma harum ini sangat menyenangkan untuk dimainkan. Kalian bisa menjual squishi dengan harga yang terjangkau sehingga laris dibeli teman-teman.

4. Jual pernak-pernik anak sekolah

Anak-anak SD terutama perempuan sangat menyukai pernak-pernik semacam aksesoris. Tidak salahnya kalian menjual pernak-pernik tersebut. Kamu bisa menjual gelang, anting-anting, jepit, bandana yang beraneka motif dan warna. Barang yang dijual juga tidak ada masa kadaluarsanya jadi bisa dijual kembali esok harinya dan esoknya lagi.

5. Jual es mambo

Usaha yang mudah dijalankan anak SD lainnya adalah berjualan es. Salah satunya es yang memiliki warna-warni semacam es mambo. Karena selain rasanya enak dan menyegarkan juga enak dipandang. Apalagi es mambo sangat terkenal dan semua orang menyukainya. Selain itu usaha berjualan es mambo tidak membutuhkan modal yang besar. Sudah begitu bisa dilakukan di rumah secara kecil-kecilan. Tidak salahnya kalian mencoba membuat es mambo, dan menjual kepada teman-teman kalian. Pasti teman-teman kalian membeli es mambo. Usahakan jangan dicampur dengan pemanis buatan.

6. Jual peralatan sekolah

Anak-anak sekolah membutuhkan peralatan sekolah untuk mengikuti kegiatan belajar. Peralatan sekolah semacam pensil, pulpen, penggaris, penghapus, correction pen, penggaris. Tentunya ini menjadi peluang, kalian bisa menjual peralatan sekolah. Carilah motif peralatan sekolah yang menarik dan sedang populer sekarang. Biasanya anak perempuan menyukai peralatan sekolah warna pink dan bernuansa princess. Sedangkan anak laki-laki menyukai peralatan sekolah berwarna biru dan bernuansa super hero. Pastinya teman-teman kalian akan membeli peralatan sekolah di kalian.

7. Jual nasi bungkus

Usaha terakhir yang bisa jadi usaha sampingan anak SD adalah berjualan nasi bungkus. Tentunya anak-anak yang belum sarapan atau hendak makan siang bisa membeli nasi bungkus tersebut. Anak-anak bisa membeli nasi bungkus dari warung dan menjualnya kembali kepada teman-teman sekolah. Nasi bungkus yang bisa dijual adalah nasi kering tempe, nasi semur tahu, nasi goreng, dan lain-lain. Kalian bisa membungkus nasi bungkus dengan porsi kecil sehingga dapat dijual dengan harga terjangkau.