Kenapa Melatih Otot Panggul Itu Penting Bagi Orang Dewasa? Ini Rahasianya!

Kenapa Melatih Otot Panggul Itu Penting Bagi Orang Dewasa? Ini Rahasianya!

Wednesday, 18 July 2018

Jika berbicara mengenai senam kegel pasti sudah familiar sekali di masyarakat, apalagi orang dewasa. Jenis gerakan yang bertujuan untuk memperkuat daerah otot panggul tersebut rupanya memang mempunyai banyak sekali manfaat. Nah, pada artikel inilah akan membahas lebih lanjut mengenai apa saja yang didapatkan oleh mereka dari latihan tersebut dan seberapa perlunya untuk dilakukan. Bagi Anda yang penasaran bisa menyimak artikel ini sampai dengan selesai.


Dilihat dari sejarah yang ada, senam kegel itu dilakukan pertama kalinya untuk membantu mereka para perempuan dengan tingkat kesulitan mengontrol urine keluar. Ini pasti sudah sering sekali dirasakan setiap perempuan. Ketika batuk, teriak, mengangkat beban ataupun kegiatan lainnya tiba-tiba terasa urine keluar. Nah, itu terjadi karena memang otot daerah panggul sudah mengalami penurunan kinerja. Makanya perlu dilatih untuk memperbaiki hal itu, karena jika dibiarkan pasti akan semakin memperburuk kondisi.

Seiring perkembangan jaman latihan senam kegel untuk dapat mengembalikan kinerja otot daerah panggul sudah mulai berubah. Banyak yang beralasan karena memang memerlukan untuk kegiatan tim dengan pasangan yang lebih kuat lagi. Nah, bagi Anda yang penasaran gerakan seperti apa itu bisa menyimak panduan berikut ini:

  • Pahami terlebih dahulu mana saja yang termasuk dalam kelompok otot tersebut, banyak orang mengatakan angka delapan. Ini bisa Anda lihat sendiri pada bagian sekitar vagina, uretra, sampai dengan anus. Anda bisa menghentikan beberapa kali ketika urine keluar, hal ini tentu saja untuk melatih otot.
  • Kencangkan selama kurang lebih 5 detik, lalu relaksasikan selama 5 detik kemudian kembalikan dan lakukan berulang. Pastikan Anda tidak hanya melakukan ini dengan mengencangkan bokong tetapi juga beberapa otot. Meskipun terlihat sulit tetapi jika itu sudah dilakukan dan terbiasa akan mudah, secara otomatis akan memberikan kemampuan lebih pada otot Anda.
  • Setelah dalam waktu 5 detik Anda kuasai, saatnya untuk menambah latihan dengan kontraksikan otot 10 kali dan relaksasikan. Lakukan ini secara stabil dan mencoba untuk menarik vagina dan tahan beberapa detik.
  • Langkah terakhir adalah dengan mengosongkan bagian usus besar, hal ini lebih kepada mendorong vagina yang dilakukan melalui anus. Sebisa mungkin Anda tahan tegangan tersebut selama kurang lebih 5 detik.

Jika memang Anda masih tergolong pemula untuk melakukan latihan tersebut diatas ada baiknya untuk memilih pemandu yang tepat. Hal ini tentu akan mempermudah Anda melakukannya dengan tepat, bukan hanya tepat gerakan tetapi juga tepat manfaatnya. Kurang lebih selama 6 minggu Anda akan lebih dapat mengontrol otot panggul dengan baik. Bahkan latihan bisa dilakukan kapan saja, dimana saja dan saat apa saja karena sudah terlatih dengan baik.